Trouble Shooting

Pengertian Physical
Ini adalah layer yang paling sederhana; berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.

Pengertian Pengkabelan
Kabel Jaringan adalah kabel yang menghubungkan antara komputer dengan komputer, dari server ke swich dan yang lainya.kabel jaringan juga bisa sebagai perantara pengguna dengan pengguna lainya dalam satu wilayah lokal seperti (warnet, kantor perusahaan dll).

Masalah Pengkabelan
Masalah pertama yang sering terjadi pada jaringan LAN adalah jaringan LAN yang tidak dapat bekerja dengan baik dan juga optimal, yang disebabkan gangguan dan kerusakan pada kabel dan juga konektor jaringan.

Solusi masalah pengakbelan
Cara paling mudah dan juga simple untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mengganti kabel yang megalami kerusakan, sehingga bisa bekerja dengan lebih optimal lagi. Untuk itu user maupun teknisi perlu tau apa saja jenis-jenis kabel jaringan komputer agar penggunaannya tepat dengan jaringan yang digunakan sehingga tidak perlu merasakan kerusakan untuk kesekian kalinya.




Pengertian NIC (Network Interface Card)
NIC adalah singkatan dari kepanjangan Network Interface Card. NIC adalah sebuah peralatan elektronik yang dibuat pada sebuah papan PCB yang akan melakukan konversi sinyal sehingga sebuah workstation bisa mengirim dan menerima data dalam jaringan. Sering disebut juga dengan Ethernet card, atau sering juga disebut LAN card. NIC merupakan kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi pada komputer. Slot yang diperlukan bisa berupa slot PCI atau ISA. Selain itu terdapat juga beberapa card yang diperuntukkan khusus bagi laptop atau notebook dengan socket PCMCIA. Sedangkan untuk output portnya dapat berupa port BNC, AUI (Thick Ethernet), dan UTP.

Masalah pada NIC
Tidak dapat tersambung ke server, untuk mengatasinya Coba periksa daftar Properties Device untuk masalah indikator (sebuah "X" atau "!" Simbol), yang berarti system meminta untuk menginstal driver yang berada di disk yang satu paket dengan kartu interface jaringan (NIC). Kemudian melakukan pengujian NIC adaptor dengan utilitas diagnostik yang biasanya sudah menjadi satu paket dengan instalasi driver.

Solusinya
Pastikan kabel terpasang dengan
 Periksa Lampu LED pada NIC, Sebelum LED dapat digunakan untuk pemecahan masalah, kartu interface jaringan (NIC) harus terhubung ke jaringan dan driver jaringan harus diinstal, Sebagian besar LED pada NIC berada di dekat sambungan, jika semua lampu indikator menyala dengan sempurna dan baik.

Pengertian Radio Wireless
istilah umum untuk merujuk ke penerima radio atau transceiver (penerima tujuan ganda dan perangkat pemancar), menetapkan penggunaan dalam bidang telegrafi nirkabel sejak dini, sekarang istilah ini digunakan untuk menggambarkan koneksi nirkabel modern seperti pada jaringan selular dan internet broadband nirkabel.

Komentar

Postingan Populer